Pendahuluan

Kuis

Referensi

Tim


Dilihat: 1163
Diunduh: 126

 

Pendahuluan

 

Selamat Anda telah sampai ke modul online memahami struktur, kaidah/ciri bahasa, dan isi teks pantun. Setelah mengerjakan soal pada kuis, sekarang Anda akan mendalami materi tentang menentukan struktur teks pantun biasa, karmina/pantun kilat, talibun, dan pantun berkait melalui kegiatan membaca teks pantun tersebut. Setelah itu, Anda akan menentukan kaidah/ciri bahasa yang digunakan dalam teks pantun. Kemudian, memahami isi teks pantun dengan mencari makna kata-kata arkais yakni kata-kata yang sudah jarang ditemukan dalam kehidupan saat ini dan menjelaskan maksud isi pantun.

 

Apa manfaat Anda mempelajari modul ini? Tentu saja Anda akan mengetahui struktur dan kaidah/ ciri bahasa, dan isi teks pantun. Teks pantun dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika Anda berpidato atau memberikan sambutan dalam suatu acara, pantun dapat digunakan di dalamnya. Akan terasa segar atau menarik jika Anda berpidato dengan diselingin pantun. Pantun sering ditemukan di mana saja, suku mana yang sampai sekarang masih menggunakan pantun dalam kehidupannya.

 

 

Agar Anda lebih mudah mempelajari modul ini, perhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Bacalah beberapa teks  pantun yang tersaji dalam modul ini dengan cermat!
  2. Pahami struktur, kaidah/cirri bahasa, kata-kata sulit, dan isi teks tersebut!
  3. Untuk menemukan makna kata sulit, gunakan Kabus Besar bahasa Indonesia (KBBI) atau kamus istilah sastra.
  4. Diskusikan dengan teman Anda atau tanyakan kepada guru pembimbing Anda jika menemui kesulitan dalam memahami teks tersebut.

 

Setiap akhir kegiatan belajar pada modul ini, terdapat soal-soal pelatihan. Soal-soal pelatihan tersebut disajikan untuk mengukur keberhasilan Anda dalam memahami materi pembelajaran pada kegiatan belajar yang telah Anda pelajari. Kerjakan soal-soal tersebut dengan saksama! Setelah Anda yakin dengan jawaban Anda, cocokkan jawaban tersebut dengan kunci jawaban yang telah disediakan. Jika jawaban Anda benar lebih dari 75%, Anda dapat melanjutkan mempelajari materi kegiatan berikutnya. Jika belum, pelajari kembali materi pada modul ini, terutama pelajari bagian yang belum Anda pahami.

 

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

 

Semoga Anda dapat mempelajari modul ini sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

 

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

 

 

Pedoman bagi Guru

 

Modul ini dapat dijadikan salah satu sumber belajar memahami struktur, kaidah/cirri bahasa, dan isi teks pantun. Pada modul ini ada dua kegiatan. Pada Kegiatan belajar 1, dibahas tentang struktur dan kaidah teks pantun biasa, karmina/ pantun kilat, talibun, dan pantun berkait. Sedangkan, pada kegiatan belajar 2 yang diulas adalah tentang interpretasi isi teks pantun dengan cara memaknai kata-kata arkais dan menafsirkan  maksud  isi teks pantun tersebut.

 

Masing-masing kegiatan akan diberi tugas pelatihan, dengan tujuan agar siswa dapat lebih memahami materi yang akan dipelajari. Rekan guru dapat membimbing siswa dalam mengerjakan tugas tersebut.

     

Panduan Bagi Siswa

 

Untuk memahami modul ini, Anda terlebih dahulu mengerjakan  kuis. Karena dengan mengerjakan kuis tersebut, Anda akan diantar untuk memahami materi modul online yang mau dipelajari.

Setelah mengerjakan kuis, Anda melanjut pada pemahaman materi pada kegiatan belajar 1,  mengerjakan tugas atau pelatihan menentukan struktur dan kaidah/ciri bahasa teks pantun biasa, karmina/pantun kilat, talibun, dan pantun berkait. Jangan mengerjakan Kegiatan belajar 2 sebelum Anda memahami kegiatan belajar 1.

 

Pada Kegiatan Belajar 2, Anda akan menginterpretasi makna kata dalam teks pantun dan maksud isi teks pantun melalui tugas atau pelatihan. Setelah itu, untuk menguji pemahaman Anda pada materi dalam modul ini, silakan kerjakan Tes Akhir Modul (TAM). Jangan lupa, jika belum paham silakan berdiskusi dengan teman atau tanyakan pada guru pembimbing.

 

Selamat berlatih!