Pendahuluan

Kuis

Referensi

Tim


Dilihat: 4308
Diunduh: 705

 

Rangkuman Akhir

 

Berdasarkan materi yang baru saja Anda pelajari, maka dapat disimpulkan bahwa:

  • Teks eksplanasi disusun dengan struktur teks yang diawali dengan pernyataan umum (pembukaan) diikuti oleh urutan sebab-akibat. Tahap pernyataan umum merupakan pembuka tentang hal yang akan dijelaskan.
  • Kaidah/ ciri bahasa teks eksplanasi kompleks adalah menggunakan konjungsi hubungan sebab-akibat yang dinyatakan dengan kategori nomina. Selain akibat, hubungan sebab-akibat dengan kategori nomina yang lain adalah akibatnya, Hubungan sebab-akibat juga bisa dinyatakan dengan konjungsi, seperti sebab, karena, dan ketika. Hubungan sebab- akibat juga bisa ditunjukkan dengan kata kategori verba, seperti menyebabkan, menimbulkan, mengakibatkan, membuat, menjadikan, dan menyumbang.
  • Teks eksplanasi juga banyak menggunakan kata kerja material dan relasional. Kata kerja material menunjukkan perbuatan fisik atau peristiwa. Kata kerja relasional menunjukkan hubungan sebab-akibat.
    Ketika membaca sebuah teks, kita sering menemukan kata-kata yang kadang tidak kita mengerti karena bermakna khusus. Kata-kata tersebut dinamai istilah. Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Istilah yang digunakan untuk bidang tertentu dan pemakaiannya hanya dapat dipahami oleh orang yang berkecimpung dalam bidang tersebut dinamai istilah khusus.
  • Selanjutnya, jika ingin menafsirkan isi teks dan dapat menjawab pertanyaan, Anda perlu membaca teks dengan saksama dan teliti. Selain itu, jika Anda mampu menceritakan kembali isi teks yang Anda baca dengan kata-kata sendiri tanpa melihat teks yang asli berarti Anda telah memahami isi teks.