Kompetensi

Latihan

Tes

 

Pengelolaan Sumber Daya Alam

 


Tanaman Ketela di daerah tegalan
Sumber:
http://www.balipost.co.id

Pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya alam apabila baik yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui harus dilakukan dengan optimal dan efisien. Oleh karena itu keberadaannya senantiasa merupakan tanggung jawab kita sebagai manusia.

Pengolahan dan pemanpaatan SDA di Indonesia meliputi bidang pertanian, kehutan, perkebunan, perikanan dan pertambangan.

Indonesia merupakan negara agraris, karena penduduk Indonesia sebagian besar tinggal di desa bermata pencaharian sebagai petani dan didukung oleh kesuburan tanahnya cukup bagus.

Kegiatan pertanian di Indonesia dibagi menjadi: pertanian rakyat dan pertanian perkebunan, peternakan dan perikanan.

  1. Pertanian Rakyat adalah pertanian yang dikelola oleh masyarakat dengan lahan yang sempit dan hasilnya sedikit. Jenis lahan yang tanamannya berupa tanaman pangan, seperti bersawah, berladang, bertegal dan berladang serta tanaman pekarangan.
    Yang termasuk jenis tanaman pangan adalah padi, jagung, kedelai, sagu.
  2. Pertanian Perkebunan adalah kegiatan pertanian yang mengutamakan pertanian perdagangan dan dikelola oleh perorangan dan suatu lembaga dengan menggunakan modal besar serta lahan yang cukup luas, dan jenis tanaman perkebunan adalah karet, kelapa, teh, tebu dan kelapa sawit.
  3. Kegiatan perikanan adalah suatu kegiatan membudidayakan ikan baik perikanan darat maupun perikanan laut, yaitu berupa memelihara, menabur benih, menangkap ikan dan untuk mengembangkannya di Indonesia sangat cocok dan memiliki lahan yang luas.
  4. Peternakan adalah suatu kegiatan penduduk yaitu memelihara dan mengembang-biakan hewan untuk memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan penduduk.. Peternakan di Indonesia dikelompokan menjadi peternakan hewan besar, peternakan hewan kecil dan pertenakan hewan unggas.

Faktor faktor yang mendukung untuk mengembangkan peternakan sebagai berikut:


       Peternakan Besar

  1. meningkatnya kebutuhan akan protein penduduk
  2. meningkatnya kegiatan industri ternak
  3. keadaan iklim yang cocok
  4. terbukanya peluang eksfor ternak
  5. tersedianya bahan makanan ternak yang cukup
  6. daerah padang rumpu yang luas

Pertambangan.

Pertambangan
Sumber:
http://news.bbc.co.uk

Pertambangan adalah kegiatan yang meliputi persiapan dan pengambilan untuk diolah dari tambang berupa benda padat, gas, dan cair. Usaha pertambangan meliputi :

  1. Eksplorasi yaitu penyelidikan tempat yang mengandung barang tambang beserta jumlah dan mutunya.
  2. Eksploitasi yaitu penggalian dan pengolahan.

Penggolongan tambang menurut PP No.27 tahun 1980 dibagi menjadi tiga golongan :

  1. Golongan A.(strategis) bahan tambang yang mempunyai nilai strategis untuk pertahanan keamanan dalam perekonomian negara, jenisnya antara lain minyak bumi, gas , batu bara, nikel, timah dan aspal.
  2. Golongan B (vital) bahan tambang penting untuk memenuhi hajat hidup orang banyak. Jenisnya bahan tambang emas, perak, tembaga bauksit dan pasir besi.
  3. Golongan C (bahan galian) yaitu bahan tambang yang mempunyai sifat tidak memerlukan memerlukan pasar internasional. Jenisnya adalah, pasir, tanah liat batu kapur,, pasir dan pasir kuarsa.