Pendahuluan


Bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan dan daerah yang sudah terfasilitasi dengan listrik, menganggap bahwa energi listrik adalah sesuatu yang sudah biasa namun kita sangat ketergantungan dengan adanya listrik. Coba kamu perhatikan, hampir semua barang-barang yang ada di rumah atau di sekolahmu memerlukan energi listrik untuk menjalankannya.

Sekarang kamu sebutkan benda-benda yang sangat tergantung dengan adanya energi listrik untuk menjalankannya! Tentu saja mulai lampu penerangan sampai barang-barang elektronik misalnya televisi, lemari es, mesin cuci, seterika, kipas angin, AC, laptop/komputer, telepon genggam (HP), dan peralatan lainnya memerlukan listrik untuk menjalankannya.

Contoh peralatan yang menggunakan energi listrik

Sumber: http://klikbervin.com/index.php?route=pavblog/blog&id=38

Namun mungkin saja ada diantara kamu yang daerahnya belum terjangkau energi listrik artinya masih menggunakan energi lain dalam kesehariannya. Energi yang biasa diggunakan misalnya yaitu minyak bumi dan gas. Tahukah kamu kalau minyak bumi dan gas alam adalah suatu sumber energi yang tidak dapat diperbarui? Penggunaan sumber energi ini dalam kehidupan sehari-hari cakupannya sangat luas contohnya digunakan sebagai sumber energi yang banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga misalnya untuk lampu penerangan, memasak, kendaraan bermotor, dan industri.

Contoh penggunaan energi minyak bumi dan gas

Jika minyak bumi dan bahan bakar fosil lainnya habis, maka kita akan kehilangan sumber energi yang menghasilkan hampir 70% listrik dunia, pestisida dan pupuk yang penting untuk pertanian, plastik yang menjadi bahan baku berbagai benda mulai dari mainan, bungkus makanan, sampai pesawat terbang, dan juga berbagai bahan kimia yang membentuk dunia modern kita seperti obat-obatan, bahan pengawet, pewarna yang sebagian besar dibuat dari minyak dan batu bara.

Minyak bumi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi manusia, karena minyak bumi merupakan energi terbesar. Habisnya minyak bumi akan menjadi bencana bagi manusia. Karena selama ini minyak bumi telah mendukung pertumbuhan manusia mulai kurang dari 1 miliar ke 7 miliar dalam 200 tahun. Habisnya minyak bumi adalah sesuatu yang tidak terhindar, karena mereka adalah sumber daya alam yang terbatas dan tidak dapat diperbarui.

Produksi minyak bumi dan gas

Oleh karena itu diperlukan suatu cara untuk mengurangi ketergantungan kita terhadap minyak bumi, kita harus bisa berpikir bagaimana kita bisa mengunakan energi alternatif untuk keperluan kehidupan manusia.

Energi alternatif adalah energi yang digunakan untuk menggantikan energi dari minyak bumi atau bahan bakar fosil. Terdapat bermacam-macam contoh energi alternatif yang tersedia di alam, seperti energi matahari, energi angin, energi air, dan energi panas bumi, energi petir, energi sampah, energi ombak laut, dan lainnya. Namun, berkat majunya pemahaman manusia tentang energi, sumber energi alternatif kian bertambah. Perhatikan contoh sumber energi alternatif berikut!

Kita sangat memerlukan energi alternatif ini untuk mengganti sumber-sumber energi yang mulaiĀ  habis. Sedangkan energi alternatif tidak akan habis, meskipun terus menerus digunakan. Nah, pada materi bahan belajar interaktif kali ini, kamu akan lebih mengenal tentang sumber-sumber energi listrik alternatif.

Kegiatan belajar ini dapat dilakukan secara individu atau berkelompok. Mintalah bantuan kepada bapak atau ibu guru untuk mengarahkan kamu bila ada kesulitan baik dalam pemahaman materi pelajaran ataupun pada penggunaan jaringan internetnya.