Pentingnya Pengembangan Energi Listrik Alternatif


Menurut kamu, mengapa kita membutuhkan sumber energi alternatif?
Saat ini orang-orang di seluruh dunia telah memikirkan tentang sumber energi alternatif, sebab kita tidak dapat lagi mengandalkan minyak bumi sebagai sumber energi utama. Cadangan persediaan minyak bumi semakin menipis. Sebelum minyak bumi benar-benar habis dari dalam bumi, maka kita sudah harus mencari sumber energi alternatif lainnya.

Para ahli telah mencari alternatif energi di alam yang tidak bakal habis. Alam menyediakan sumber energi itu dan terus menyediakannya untuk kita. Itulah mengapa sehingga kita sering menyebutnya sebagai sumber daya yang dapat diperbarui (terbarukan) dimana alam dapat menyediakan kembali sumber daya itu setelah dipakai.

Pada era modern saat ini, negara-negara maju banyak yang beralih ke pemanfaatan energi-energi alternatif yang ramah lingkungan, pada umumnya sebagai tenaga penggerak untuk pembangkit listrik. Mau tidak mau, sudah saatnya kita di Indonesia memulai juga pengembangan energi alternatif tersebut. Apalagi, hampir semua energi alternatif yang dikenal dewasa ini terdapat di alam Indonesia. Tinggal kemudian kemauan kita untuk mengolahnya menjadi energi siap pakai.

Coba kamu perhatikan dan amati potensi alam yang dapat dijadikan sumber energi di daerahmu? Apakah memiliki aliran sungai besar atau memiliki suhu panas yang tinggi  karena sinar matahari yang terus menerus sepanjang siang, atau angin bertiup dengan kencang sepanjang hari? Kekayaan alam ini bisa diolah sebagai sumber energi alternatif.

Berikut ini beberapa potensi alam yang dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif.

Potensi Alam Sebagai Sumber Energi Alternatif

Potensi alam pada animasi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik alternatif. Tahukah kamu jika kebutuhan akan energi listrik tiap hari kian meningkat. Pasokan energi listrik di Indonesia sendiri biasa dipasok dari pembangkit-pembangkit listrik seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), dan Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal (PLTG) yang ternyata keberadaannya masih belum memenuhi kebutuhan Listrik Negara. Kenapa belum memenuhi? Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan jumlah pemakai listrik mencapai 15% sedangkan perkembangan yang direncanakan hanyalah 7,5%. Adapun contoh lainnya adalah masih banyak daerah terpencil di pelosok negeri yang belum pernah merasakan fasilitas listrik sama sekali.

Jadi? Apa solusinya? Apakah kita harus membangun lebih banyak pembangkit listrik? Pembangkit listrik seperti apa? Tentunya pembangkit listrik yang memanfaatkan potensi alam terbarukan. Materi selanjutnya kamu akan mempelajari tentang contoh-contoh sumber energi listrik alternatif yang dapat dikembangkan di Indonesia.