Kompetensi

Latihan

Tes

 

Penggolongan Planet

 

Planet adalah benda langit yang gelap, merupakan bagian dari keluarga Matahari, planet bergerak dengan arah yang sama, tetapi jarak dan lintasannya berbeda.
Ada tiga kelompok Planet dari delapan,yaitu :

  1. Pengelompokan planet dengan lintasan asteroid sebagai pembatasnya (Plenet Dalam dan Planet Luar)
  2. Pengelompokan planet berdasarkan Bumi sebagai pembatasnya (Imperior dan Superior Planet)
  3. Pengelompokan planet berdasarkan ukuran dan komposisi penyusunnya

Planet dalam, yang Planet Dalam merupakan planet-planet  yang lintasannya terletak di antara Bumi dan Matahari atau planet-planet yang jarak rata-ratanya ke Matahari lebih pendek dari jarak rata-rata Bumi ke Matahari. meliputi :   Mercurius dan Venus

Plane luar, Planet Dalam merupakan planet-planet yang  lintasannya   terletak di luar lintasan  Bumi dan Matahari meliputi : Mars; Jupiter; Saturnus, Uranus dan Neptunus.
Planet terbagi lagi sesuai dengan materil dan komposisinya, yaitu :

  1. Planet Jovian
    Planet Jovian Planet adalah planet-planet raksasa yang  komposisi materi penyusunnya bukan berupa batu atau  material yang padat , melainkan gas. Planet yang termasuk Jovian planet adalah Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.
  2. Teresterial Planet
    Teresterial Planet atau telluric planet adalah planet-planet yang komposisi materi penyusunnya berupa batuan silikat. Planet-planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi dan Mars.

Tentang pembagian planet adalah yang disebut dengan imferior dan superior planet.

  1. Planet inferior (inferior planets),yaitu planet-planet yang lintasannya di antara Bumi dan Matahari,terdiri atas Merkurius dan Venus.

  2. Planet Superior (superior planets), yaitu planet-planet yang lintasannya di luar Bumi,terdiri atas Jupiter,Saturnus,Uranus,dan Neptunus.

Perlu anda ketahui planet-planet tersebut di atas mulai terbentuk sekitar 4,6 miliyar tahun. Materi yang terdekat ke Matahari membentuk empat planet berbatu, yaitu Mercurius, Venus, Bumi, dan Mars. Dibagian cakram luar yang bersuhu lebih dingin terbentuk benda-benda angkasa berbatu pejal. Benda-benda ini menarik sejumlah besar gas kea rah mereka, inilah planet tersbut planet yang diliputi gas, yaitu : Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Terbentuknya Pluto dari materi lain dan sekarang dengan hasil penelitian terbaru Pluto tidak termasuk planet ke Sembilan karena ukurannya kecil bahkan ukurannya lebih besar dari asteroid.