Kompetensi

Latihan

Tes


Dilihat: 27005
Diunduh: 1198

 

Meteor dan Meteorid

 

Anda pernah mendengar informasi batu meteor jatuh ke Bumi dan bagaimana prosesnya, ….
Yuk kita perhatikan uraian meteor berikut ini.

Meteor adalah bongkahan batuan kecil dan debu yang berterbangan di angkasa, benda ini banyak terdapat dieskitar tatasurya, karena bergerak terus dalam antariksa, diperkirakan setiap tahunya lebih dari 2.00.000 ton batuan menghujani atmosfer.

Ketika berada diangkasa benda-benda meteor  disebut meteorid, tetapi ketika masuk dan bergesekan dengan atmosfer hingga menimbulkan api, disebut meteor. Yang sering kita lihat pada malam hari berupa lintasan cahaya, itulah meteor yang terdeka. Terlihat dengan mata kita sedikit tetapi ketika kita melihat dengan menggunakan teropong jumlahnya cukup banyak, bahkan milyaran  meteor jatuh ke Bumi setiap harinya.

Meteor disebut juga bintang beralih adalah benda kosmis yang ukuranya amat kecil yang bias disebut debu, pasir, atau kersik langit yang mengelilingi Matahari, dan benda ini bila tertarik ke Bumi akan menekan udara sehingga udara menjadi panas dan meteor pun terbakar.

Pembakaran meteor umumnya tidak lama karena materi kosmis tersebut tidak besar, oleh sebab itu cahaya meteor cepat padam

Meteorid adalah merupakan meteor yang ukuranya sangat besar sehingga tidak terbakar habis ketika memasuki atmosfer Bumi.
Batu meteor (meterorid) dibedakan menjadi :

  1. Meteorid batu, yaitu batu meteor yang banyak mengandung kalsium dan magnesium.
  2. Meteor besi-nikel, yaitu batu meteor  yang mengandung besi  90 %, dan nikel 80%
  3. Toktit, yaitu batu meteor yang mengandung asam kiesel 80 %.

Hujan Meteor.
Meteor yang jatuh ke Bumi dalam jumlah yang banyak, itu terlihat di malam-malam tertentu ketika langit dalam keadaan cerah, peristiwa semacam ini disebut dengan hujan meteor, ketika kita lihat seolah-olah meteor itu berasal dari satu titik, yang dinamakan radian, sebenarnya meteor itu bukan berasal dari sebuah titik